Minggu, 12 Oktober 2014

Tempat Wisata di Kabupaten Buol

Hai sobat semua, Assalamu Alaikum Wr. wb.

Yang ingin mengunjungi Kabupaten Buol, kali ini kami akan bagikan sedikit referensi mengenai wisata-wisata yang ada di Kabupaten Buol, di antaranya yang terkenal dan pernah saya kunjungi bersama keluarga dan teman-teman adalah sebagai berikut:

1. Permandian Tirta Ria 

Terletak di Kelurahan Kulango, Kecamatan Biau Kabupaten Buol sekitar 15 menit perjalanan dari Kota Buol. Permandian ini tergolong masih alami yang air berasal dari air pegunungan, dan banyak dikunjungi para wisatawan di hari-hari libur. Selain lokasi yang dekat dari kota, karcis masuknya pun tergolong sangat murah dan terjangkau. 

Fatih sedang mandi2 di Tirta Ria

Tampak dari atas

2. Permandian Kumaligon 

Hampir sama dengan Tirta Ria, Permandian Kumaligon ini juga tidak jauh dari Kota Buol, yakni sekitar 5 Km yang berada di Desa Kumaligon, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol. Sebagaimana Tirta Ria, permandian ini, airnya berasal dari pegunungan yang masih alami, selain tempat mandi juga tersedia kolam renang dan air terjun meskipun tidak tinggi, tetapi lumayan untuk menyegarkan badan anda. Permandian ini juga ramai dikunjungi pada saat hari libur.


Batuan di pemandian kumaligon

Air terjun di permandian Kumaligon 

Tampak dari bagian atas

3. Pantai Negeri Lama

Pantai yang terletak di Desa Negeri Lama, Kecamatan Bokat ini merupakan pantai yang ramai dikunjungi, tidak hanya menjadi tempat berlibur dan refreshing pada hari libur, pantai ini juga kerap dijadikan sebagai tempat raker dan lain sebagainya, meskipun hanya menyediakan tempat-tempat gazebo atau pondok sederhana di pinggir pantai, tersedia pula berbagai macam makanan khas buol dan makanan lain yang akan menambah nikmat suasana liburan anda. 
Wisatawan bebas membawa makanan untuk bekal rekreasi

Pantai yang luas dan landai memberi rasa nyaman dan aman

Ombak yang sedang aman untuk anak-anak mandi ataupun bermain

Pondok yang disewakan untuk wisatawan, jadi bebas membawa makanan

Selain berenang, di pantai ini juga dapat dipakai untuk bermain sepak bola, volly pantai karena dengan pasir yang datar lagi luas. Oh ya, letaknya dari Kota Buol hanya sekitar 5 km, dan biasa ditempuh selama 20 menit. 

4. Pantai Busak 

Berbeda dengan Pantai Negeri Lama, pantai Busak ini tergolong masih sangat alami, tidak ada modifikasi ataupun reklamasi pantai, tempatnya juga cukup jauh dari Kota Buol, yakni sekitar 20 km dari. Pemandangan pantai dengan batu karang dan pepohonan rindang dipantai  cukup menawan bagi yang suka wisata alam. Hanya perlu sedikit hati-hati apabila ingin berenang, karena batu karangnya lumayan tajam di kaki.
Air jernih dan bersih karena masih sangat alami

Bisa santai di bawa pohon rindang Pantai Busak

Pemandangan yang menakjubkan

Anak-anak bebas bermain pasir sesuka hati

5. Air Terjun Bodi 

Terletak di Desa Bodi Kecamatan Paleleh Barat, Kabupaten Buol, sekitar 70 km dari kota Buol. Meskipun perjalanan kesana pun lumayan menantang, karena kendaraan harus naik dan turun gunung terlebih dahulu tetapi jalanan telah aspal dan letak air terjun ini di pinggir jalan Trans Sulawesi Buol-Gorontalo. 
Foto diambil dari jalan raya di atas jembatan

Tampak dari samping

Aman berfoto-foto sebagai kenang-kenangan

Selain tempat wisata tersebut di atas, masih ada beberapa wisata alam yang tidak kami sebutkan, bukan karena tidak menarik melainkan kami belum sempat jalan-jalan ke sana seperti Pulau Busak, Tanjung Dako, Batu Susun, Air Terjun Modo, dan lain sebagainya.

Penyajian di atas setidaknya cukup menjadi referensi awal bagi anda untuk berwisata di Kabupaten Buol.

Salam